Welcome to My Blog!

This is Boxer Template Demo Site
Follow Me

4. Infimum



By  Admin K     April 12, 2023     

 


Sebelumnya kita sudah membahas tentang himpunan terbatas atas dan terbatas bawah. Yang terbatas atas ada batas atas terkecilnya, yang terbatas bawah ada batas bawah terbesarnya hingga kita sampai pada contoh soal. 


Misalkan suatu bilangan riil \(\lambda \geq 0\) dan misalkan \(A\) adalah himpunan terbatas bawah. Buktikan bahwa himpunan \(\lambda A = \left \{\lambda x : x \in A \right \} \) juga terbatas bawah serta \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) = \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \).


Untuk membuktikan \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) = \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \), kita cukup buktikan  \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \geq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \) dan  \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \leq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \). Apabila kedua pertidaksamaan itu benar, maka kedua ruas haruslah sama. Eh, tapi kan bukannya kita harus buktiin dulu \( \lambda A \) terbatas bawah sehingga ada infimumnya? Well, pembuktian ia terbatas bawah bakal sekali jalan dengan pembuktikan \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \geq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \).


Pertama-tama, mari kita tunjukan \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \geq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \). Caranya sangatlah mudah. Idenya adalah kita tinggal tunjukkan bahwa \( \lambda \textrm{inf} \left ( A \right ) \) adalah batas bawah dari himpunan \( \lambda A \) kemudian gunakan definisi infimum sebagai batas bawah terbesar untuk menyimpulkan bahwa \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \geq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \).


Okay, mari kita mulai. Ambil \( x \in \lambda A \). Berdasarkan definisi himpunan \( \lambda A \) maka terdapat \( a \in A \) sedemikian sehingga \( x = \lambda a \). Selanjutnya, karena \( a \in A \) dan \(\textrm{inf} \left ( A \right )   \) adalah batas bawah dari \( A \) maka kita peroleh \( a \geq \textrm{inf} \left ( A \right )   \). Mengingat \(\lambda \geq 0\) maka kita juga peroleh  \( x = \lambda a \geq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )\). Karena ini berlaku untuk \( x \in \lambda A \) sebarang, maka kita bisa simpulkan himpunan \( \lambda A \) adalah himpunan terbatas bawah dengan batas bawah \( \lambda \textrm{inf} \left ( A \right ) \). Karena \( \lambda A \) terbatas bawah maka berdasarkan sifat subset dari himpunan semua bilangan riil \( \mathbb{R} \), \( \lambda A \) punya batas bawah terbesar (infimum) \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \) sedemikian sehingga \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \geq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \).


Nah, kita sudah membuktikan \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \geq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \) sekaligus membuktikan keberadaan  \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \) itu sendiri. Sekarang, kita akan membuktikan pertidaksamaan yang satunya yakni  \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \leq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \). Untuk membuktikan ini kita bagi 2 kasus yakni kasus \( \lambda = 0 \) dan kasus \( \lambda > 0 \).


Untuk \( \lambda = 0 \) jelas bahwa 

\(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) = \textrm{inf} \left \{ 0 \right \} = 0 \leq 0 = 0 \cdot \textrm{inf} \left ( A \right ) =  \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )  \).


Untuk \( \lambda > 0 \), kira-kira idenya apa yah? Ingat tujuan kita adalah mau buktiin  \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \leq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \). Gimana kalau kita bagi kedua ruas dengan \( \lambda \)? Mungkin ide yang bagus, nanti kita peroleh pertidaksamaan berikut ini. 

 \(\frac {\textrm{inf} \left ( \lambda A \right )}{\lambda} \leq  \textrm{inf} \left ( A \right )   \)

Pertidaksamaan baru ini ekuivalen atau maknanya sama aja dengan pertidaksamaan awal tadi yakni  \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \leq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \). Jadi, kita cukup buktikan pertidaksamaan baru ini untuk membuktikan pertidaksamaan yang awal tadi.

Untuk membuktikan  \(\frac {\textrm{inf} \left ( \lambda A \right )}{\lambda} \leq  \textrm{inf} \left ( A \right )   \), kita bisa gunakan cara yang mirip dengan cara yang sebelumnya. Kita tinggal tunjukkan kalau  \(\frac {\textrm{inf} \left ( \lambda A \right )}{\lambda} \) adalah batas bawah dari himpunan \( A \). Dengan begitu, pastilah si \(\frac {\textrm{inf} \left ( \lambda A \right )}{\lambda} \) tidak mungkin lebih besar dari infimum \( A \).


Mari kita buktikan. Ambil sebarang elemen \( a \in A \). Perhatikan bahwa \( \lambda a \in \lambda A \). Berdasarkan definisi infimum maka kita peroleh \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \leq \lambda a  \). Selanjutnya, kita bagi kedua ruas dengan \( \lambda > 0 \) maka kita peroleh \(\frac {\textrm{inf} \left ( \lambda A \right )}{\lambda} \leq  a   \). Karena \( a \) sebarang elemen di \( A \) maka dapat kita simpulkan \(\frac {\textrm{inf} \left ( \lambda A \right )}{\lambda}   \) adalah batas bawah dari \( A \) sehingga berdasarkan definisi infimum maka berlaku pula  \(\frac {\textrm{inf} \left ( \lambda A \right )}{\lambda} \leq  \textrm{inf} \left ( A \right )   \). Tinggal kalikan kedua ruas dengan \( \lambda > 0 \), kita telah membuktikan pertidaksamaan awal  \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \leq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \).


Karena \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \geq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \) dan \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \leq \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \) maka haruslah \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) = \lambda \textrm{inf} \left ( A \right )   \). Terbukti.


Nah, gimana? Keren dan menyenangkan, bukan? Kalau kita perhatikan sepertinya syarat \(\lambda \geq 0\) sangat penting agar keduanya bisa sama atau bahkan agar \(\textrm{inf} \left ( \lambda A \right ) \) ada. Kira-kira apakah kalian bisa buat contoh kesamaan tidak terjadi saat \(\lambda < 0\)?


About Admin K

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4. Infimum

  Sebelumnya kita sudah membahas tentang himpunan terbatas atas dan terbatas bawah. Yang terbatas atas ada batas atas terkecilnya, yang terb...


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Translate

logo

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Proin tempus pellentesque consectetur.

Morbi tincidunt commodo dui, eu fringilla dui iaculis ac. Vestibulum viverra iaculis dignissim. Ut condimentum